Rabu, 02 Desember 2015

KENAMPAKAN MATAHARI




BAB I
ISI

A.    KENAMPAKAN MATAHARI

1.      Pengertian Matahari
Matahari adalah bintang terdekat dengan Bumi dengan jarak rata-rata 149.680.000 kilometer (93.026.724 mil). Matahari serta kedelapan buah planet (yang sudah diketahui/ditemukan oleh manusia) membentuk Tata Surya.  Matahari sangat penting bagi bumi. Matahari memancarkan cahaya dan panas ke bumi. Munculnya matahari menandakan waktu siang di bumi. Matahari Tampak terbit Di Timur. Semakin siang, kenampakan matahari berubah yaitu semakin tinggi dan naik. Matahari bersinar terik ketika siang hari. Matahari tampak terbenam di sebelah barat. Saat itu Waktu di Bumi memasuki batas waktu antara siang dan malam. Keadaan saat itu di sebut senja. Bumi mengalami siang dan malam karena bumi berputar. Jika tidak ada matahari maka bumi akan menjadi gelap.

2.      Proses Trjadinya Siang,pagi,sore,dan malam

Setiap hari kita mengalami perputaran siang dan malam dan seringkali kita hanya menjalani aktivitas kita tanpa pernah ingin tahu bagaimana prosesnya. Perputaran waktu bagi manusia adalah bagian dari perjalanan hidup manusia di Bumi. Perputaran Bumi pada porosnyalah yang menyebabkan terjadinya siang dan malam. Karena Bumi kita adalah salah satu planet yang mengitari Matahari dan ia juga mengitari dirinya sendiri. Bumi membutuhkan waktu 24 jam untuk menyelesaikan perputaran pada porosnya, dan inilah yang dikenal sebagai 1 hari bagi manusia. Selama 24 jam waktu Bumi berputar mengitari porosnya, ada kalanya sebagian wajah Bumi berhadapan dengan Matahari dan inilah area yang mengalami siang.  Dan kemudian seiring dengan perputaran Bumi, wajah yang tadinya berhadapan dengan Matahari kemudian berputar dan membelakangi Matahari sehingga sisi wajah Bumi yang tidak disinari Matahari ini mengalami malam hari.
Bagi sebagian orang, mungkin akan berpikir mataharilah yang tampak bergerak di langit sehingga terbit di timur dan tenggelam di barat. Pada kenyataannya ini disebabkan oleh perputaran Bumi.  Matahari tampak terbit di Timur karena Bumi bergerak ke arah timur dan menuju ke barat ketika Matahari tampak terbenam.  Kalau dilihat dari Kutub Utara, maka perputaran Bumi ini tampak berlawanan arah jarum jam dan kita akan melihat kalau siang dan malam menyapu bola Bumi dari Timur ke Barat. Cahaya matahari yang mengenai benda membentuk bayang-bayang. Karena kenampakan matahari berubah, bentuk bayang-bayang ikut berubah.
            Pada pagi hari kenampakan  matahari ada di timur. Bayang-bayang terbentuk di barat. Saat itu bayang-bayang terlihat masih panjang.
            Pada siang, kenampakan matahari bergerak naik. Bayang-bayang yang terbentuk makin pendek. Pada jam dua belas siang, kenampakan matahari  tepat di atas. Bayang-bayang yang terbentuk saat itu paling pendek.
            Pada sore hari, kenampakn matahari ada di barat. Bayang-bayang yang terbentuk ada di timur. Saat itu, bayang-bayang tampak lebih panjang. Makin sore, bayang-bayang makin panjang. Bayang-bayang menghilang saat matahari terbenam.

3. Kegunaan Panas dan Cahaya Matahari  
Matahari adalah sumber panas dan cahaya terbesar di bumi. Panas matahari banyak manfaatnya bagi makhluk hidup. Diantaranya :
  • Panas matahari dapat mengeringkan pakaian basah
  • Panas matahari mampu mengeringkan gabah
  • Nelayan mengeringkan ikan asin dengan panas matahari
  • Cahaya matahari membantu tubuh untuk membentuk vitamin D
  • Kita tidak perlu menyalakan lampu disiang hari, sehingga menghemat biaya
  • Cahaya matahari menumbuhkan tumbuhan
  • Tumbuhan tumbuh sehat jika mendapat cukup cahaya

B.     KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI

Bentuk permukaan bumi tidak rata. Bumi terdiri dari tempat yang tinggi dan tempat yang rendah. Bagian permukaaan bumi ada yang menonjol, ada yang datar, ada juga yang berupa cekungan. Perbedaan tinggi rendahnya permukaan bumi tersebut disebut relief. Berbagai macam bentuk permukaan bumi dapat dilihat dalam sebuah peta. Peta adalah gambar dua dimensi suatu tempat dipermukaan bumi. Permukaan bumi dibedakan ata daratan dan perairan.

1. Daratan
  • Daratan adalah permukaan bumi yang tidak digenangi air.
  • Daratan yang sangat luas disebut benua. Di bumi ini terdapat lima benua yaitu Benua Asia, Benua Eropa, Benua Amerika, Benua Afrika, dan Benua Australia.
  • Daratan yang lebih sempit dari benua disebut pulau. Di Indonesia terdapat lima pulau besar yaitu Pulau Kalimantan, Sumatra, Jawa, Sulawesi, dan Papua.
  • Pulau-pulau kecil yang berdekatan dan membentuk gugusan disebut Kepulauan, misalnya kepulauan Indonesia.
  • Wilayah daratan terdiri dari pegunungan, perbukitan,dataran, lembah dan tanjung atau semendanjung.
a. Pegunungan

Daerah pegunungan permukaannya lebih tinggi dari daerah lain. Gunung adalah tonjolan di permukaan bumi yang mempunyai ketinggian lebih dari 400 meter di atas permukaan laut. Gunung terdiri dari puncak, lereng dan kaki gunung. Kumpulan dan banyak gunung disebut pegunungan. Pegunungan tertinggi didunia adalah Himalaya. Di pegunungan Himalaya terdapat gunung tertinggi di dunia yaitu Everest
       
 Ada dua jenis gunung yaitu gunung berapi dan gunung mati .
  • Gunung berapi adalah gunung yang bisa meletus sewaktu waktu. Di dalam gunung berapi terdapat magma yang sangat panas.
  • Gunung mati adalah gunung yang tidak dapat mengeluarkan asap lagi. Gunung mati merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi.
b. Perbukitan

Daratan tinggi yang permukaanya lebih rendah dari pada gunung di sebut bukit. Perbukitan adalah daerah yang mempunyai banyak bukit. Contoh bukit di Indonesia adalah Bukit Tinggi di Sumatra Barat.

c. Dataran 

Daratan yang mempunyai ketinggian yang hampir sama disebut dataran. Ada dua macam dataran yaitu dataran tinggi dan dataran rendah.

  • Dataran tinggi yaitu daerah datar yang terletak pada ketinggian lebih dari 600 meter dari permukaan laut, misalnya Dataran Tinggi Dieng. Dataran tinggi mempunyai udara yang sangat sejuk, di dataran tinggi terdapat banyak perkebunan.
  • Dataran rendah yaitu daerah datar yng terletak didaerah rendah. Dataran rendah terdapat di daerah pantai utara jawa. Di dataran rendah udara terasa panas.

d. Lembah

Lembah adalah daratan yang lebih rendah dari dataran rendah. Lembah terdapat di kanan kiri kaki gunung. Di sekitar lembah biasanya mengalir sungai, misalnya Lembah Karmel di Jawa Barat
  • Jurang adalah lembah yang dalam, sempit, serta mepunyai dinding yang curam.
  • Ngarai adalah lembah yang dalam, luas serta curam dindingnya. Misalnya Ngarai Sianok di Sumatra Barat.
e. Tanjung atau Semenanjung

Daratan yang menjorok ke laut di sebut tanjung. Tanjung yang luas di sebut semenanjung. Misalnya Tanjung Priok dan Tanjung Pinang.

2. PERAIRAN

Bentuk permukaan bumi yang tertutup oleh air disebut  perairan. Lebih dua per tiga dari permukaan bumi merupakan wilayah perairan dan satu per tiganya merupakan daratan. Wilayah perairan berupa lautan, sungai, danau, dan rawa.

a. Lautan

Lautan adalah daerah perairan yang sangat luas. Wilayah lautan terdiri dari samudra, laut , selat, teluk, dan palung. 
  • Samudra adalah lautan yang sangat luas dan dalam, misalnya samudra Atlantik, samudra Hindia.
  • Laut adalah cekungan yang dalam dan terisi air, misalnya Laut Jawa.
  • Selat adalah lautan yang sempit diantara pulau-pulau, misalnya Selat Sunda.
  • Teluk adalah lautan yang menjorok masuk kedaratan, misalnya Teluk jakarta.
  • Palung adalah jurang yang dalam di dasar laut, Misalnya Palung Jawa.

b. Sungai
Sungai adalah aliran air yang besar di daratan. Sungai terbentuk secara alami, misalnya sungai Musi, sungai Mahakam, dll. Air sungai mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. 
Bagian - bgian sungai terdiri dari :
  • Hulu adalah bagian yang tinggi dari sungai.
  • Hilir adalah bagian yang rendah dari sungai
  • Muara adalah tempat berakhirnya aliran sungai. Aliran sungai berakhir dilaut, danau atau sungai lainnya.
c. Danau

Danau adalah genangan air yang sangat luas dan dikelilingi oleh daratan.
Ada dua macam danau yaitu danau alami dan danau buatan.
  • Danau alami terjadi karena letusan gunung, contohnya danau Toba. Danau alami yang berukuran kecil dinamakan sendang atau telaga.
  • Danau buatan disebut bendungan atau waduk, contohnya Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, jawa Tengah. Waduk dibuat dengan membendung aliran sungai.
d. Rawa
Rawa adalah geangan air yang tidak dalam, biasanya berada di tepi pantai dan banyak di tumbuhi air. Salah satu contoh rawa adalah Hutan Bakau.







BAB II
KESIMPULAN

Panas matahari dapat memberikan manfaat untuk setiap makhluk hidup serta merupakan sumber panas dan cahaya terbesar di bumi Inilah sebabnya kita harus bersyukur kepada Allah Swt. Kita harus dapat memanfaatkan panas matahari sebaik-baiknya. Akan tetapi, panas dan cahaya berlebihan tidak baik untuk tubuh kita. Maka dari kita harus tau batasan dalam memanfaatkan panas matahari. Begitupun dengan adanya kenampakan permukaan bumi memberikan keberagaman di bumi,sehingga banyak manfaat yang kita ambil dari adanya kenampakan permukaan bumi ini.


















                      














Tidak ada komentar:

Posting Komentar