Selasa, 29 Desember 2015

CONTOH PROGRAM KEGIATAN LATIHAN KEPRAMUKAAN




PROGRAM
KEGIATAN LATIHAN KEPRAMUKAAN
SDS  YPKS 1 CILEGON
TAHUN AJARAN 2015 / 2016

1.      PENDAHULUAN
Seiring dengan bergulirnya waktu dan perkembangan zaman seperti saat ini, kita harus berhati-hati terhadap segala perkembangan zaman yang begitu cepat. Sebab perkembangan tersebut tentunya mempunyai dampak positf maupun negatif. Dan yang perlu kita waspadai adalah aspek negatif, yang tanpa kita rasakan mempengaruhi disetiap usia. Perkembangan tersebut tidak hanya memandang pada satu aspek kehidupan saja, akan tetapi mencakup segala aspek yang diantaranya aspek teknologi, aspek pergaulan, aspek akhlak ( tingkah laku ).
Dan yang perlu kita jaga adalah para generasi penerus bangsa. Dimana mereka ( ujung tombak bangsa ) yang akan menggantikan peran orang-orang yang lebih awal menduduki jabatan pembangunan bangsa. Jadi di tangan pemudalah tonggak kemajuan bangsa akan di pegang. Dimana seandainya tingkah laku generasi penerus rusak maka bias dipastikan rusaklah bangsa tersebut. Dan jika tingkah laku ( akhlak ) generasi penerus bagus dari segi ( spiritual, mental, emosional, intelektual ) maka sudah pasti bangsa yang dipimpinnya akan menjadi negara yang maju dan makmur.
Pramuka adalah salah satu wadah untuk mempersiapkan akhlak generasi penerus bangsa. Di dalam pramuka generasi penerus bangsa akan di didik dan dibina baik mental, spiritual, emosional, maupun intelektual.
Dengan dasar itulah maka SDS  YPKS 1 Cilegon mengadakan kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk latihan rutin setiap sabtu pagi. Serta ikut dalam kegiatan yang diadakan olek Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang Cilegon. Selain itu juga mengikuti kegiatan perlombaan kepramukaan yang di adakan oleh pihat-pihak terkait.






2.      LATAR BELAKANG KEGIATAN
Seperti yang sudah di uraikan di depn bahwa pramuka merupakan salah satu wadah untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang baik dan siap menghadapi perkembangan zaman. Dimana segala bentuk kegiatannya akan berorientasi pada pembentukan mental, spiritual, emosional, dan intelektual. Serta melestarikan keutuhan :
-          Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Bineka Tunggal Ika
-          Ideologi Pancasila
-          Tri Satya dan Dasadharma Pramuka
-          Kehidupan bermasyarakat
-          Lingkungan Hidup di bumi nusantara
Bahwa dalam upaya meningkatkan dan melestarikan hal-hal tersebut, Gerakan Pramuka SDS  YPKS 1 Cilegon  menyelenggarakan pendidikan nonformal, melalui kepramukaan, sebagai bagian pendidikan nasional dilandasi Sistem Among dengan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.
Maka dalam mewujudkan hal tersebut, Gerakan Pramuka SDS  YPKS 1 Cilegon melaksanakan kegiatan kepramukaan. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk latihan mingguan dan partisipasi kegiatan di luar Gudep SDS  YPKS 1 Cilegon. Diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan kepramukaan ini para peserta didik ( generasi penerus bangsa ) biasa mempersiapkan dirinya untuk menghadapi perkembangan di masa mendatang.

3.      JENIS KEGIATAN
Pada dasarnya kegiatan Kepramukaan itu dilaksanakan di alam terbuka dalam bentuk kegiatan kreatif, rekreatif yang edukatif, yang harus dirasakan oleh peserta didik sebagai suatu pengalaman yang menyenangkan, menantang, menarik, tidak menjemukan, dan tidak ada paksaan dalam berkegiatan.
Gerakan Pramuka SDS  YPKS 1 Cilegon dalam melaksanakan kegiatan terbagi menjadi dua : yaitu yang dilaksanakan di dalam ruangan dan di alam terbuka. Di ruangan akan di isi dengan materi-materi intelektual, sedangkan dialam terbuka akan di isi tentang kreatifitas peserta didik.





Rencana Latihan Program Pramuka


Pertemuan
Materi
Deskripsi Kegiatan
Alat dan Bahan
Penanggungjawab
1
Pembagian regu dan games
Siswa dibagi ke dalam beberapa regu dan mengikuti games


Nyta Fitriyanti
2
Pengenalan tentang kode etik gerakan pramuka Siaga (Dwisatya dan DwiDharma)
Siswa diberikan diberikan tugas untuk bisa menghafal DWISATYA dan DWIDARMA


Buku SAKU


Qurrotul Aini
3
Pengetahuan kepanduan dan kepramukaan
Siswa diberikan materi mengenai kepanduan dan sandi morse serta dapat mencobanya

Alat tulis dan  media pembelajaran


Siti Zakiya
4
P3K




Pionering (tali-temali)

Siswa diberikan materi mengenai P3K dan melakukan stimulasi di lapangan

Siswa diberikan keterampilan pionering dan mempraktikannya secara langsung


Kain kasa, bidai, dan mitela

Tali tambang



 Aat Atiyaturrohmah

Semuanya
5
Keterampilan sandi-sandi (sandi kotak I, kotak II, dan sandi morse)
Siswa diberikan keterampilan mengenai sandi kotak I, kotak II dan sandi morse, kemudian mencoba mengaplikasikannya dalam sebuah kata



Alat Tulis



Siti Badriyah
6
LKBB dan Semarak Yel-yel
Siswa diberikan keterampilan LKBB kemudian dibentuk regu untuk praktik langsung

Bendera ciri khas regu


Susi Handayani


5.      PENUTUP
Demikian rencana kegiatan kepramukaan SDS  YPKS 1 Cilegon. Dengan Harapan semoga rencana yang telah kami susun tersebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Serta selalu mendapatkan Ridho dari Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar