Jumat, 01 Januari 2016

LAYANAN PENDIDIKAN INKLUSIF




LAYANAN PENDIDIKAN INKLUSIF

Definisi pendidikan inkusif yaitu :
  • Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang memberikan layanan kepada setiap anak, tanpa kecuali.
  •  Pendidikan yang memberikan layanan terhadap setiap anak tanpa memandang kondisi fissik, mental, intelektual, soisal, emosi, ekonomi, jenis kelamin, suku budaaya, tempat tinggal, bahasa dan sebagainya.
  • Semua anak belajar bersama-sama, baik di kelas/sekolah formal maupun non formal yang berada di dekat tempat tinggalnya yang disesuaikan dengan kondisi atau kebutuhan masing-masing anak.

Ciri atau indikator suatu lembaga pendidikan atau sekolah dikategorikan inklusif
  • Memberikan layanan pendidikan kepada setiap anak tanpa kecuali.
  • Sarana fisik sekolah memudahkan, aman dan nyaman untuk digunakan oleh setiap anak, termasuk anak berkebutuhan khusus.
  • Lingkungan sosial dan sekolah menghargai dan menghormati setiap perbedaan anak.
  • Kurikulum yang diguanakan bersifat fleksibel dan dinamis, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak.
  • Iklim belajar sesuai dengan prinsip-prinsip CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif)  yang sesuai kemampuan dan perkembangan anak.
  • Proses pembelajaran tidak terkotak-kotak, tetrapi merupakan pembelajaran terpadu dengan memerapkan tim interdisipliner.
  • Evaluasi pembelajaran menggunakan portofolio dan atau menggunakan standar acuan norma atau  kelompok.
  • Adanya keterlibatan dan partisipasi orang tua, masyarakat, LSM yang lebih luas. Hak ini sesuai dengan program manajemen berbasis sekolah (MBS) .

Keuntungan Program Inklusi
Anak dengan Kebutuhan Khusus
1.  Terhindar dari label negatif
=> Anak memiliki rasa percaya diri
2.  Memiliki kesempatan menyesuaikan diri
=> Anak memiliki kesiapan menghadapi kehidupan nyata
Anak Tanpa Kebutuhan Khusus
1.  Belajar mengenai keterbatasan tertentu
a.  Mengetahui keterbatasan/keunikan temannya
b.  Peduli terhadap keterbatasan temannya
2.  Dapat mengembangkan keterampilan sosial
a.  Berempati terhadap permasalah temannya
b.  Membantu temannya yang kesulitan
Manfaat Bagi Guru
1.  Meningkatkan wawasan guru mengenai karakter siswa
=> Guru mengenali peta kekuatan dan kelemahan siswanya.
2.  Menambah kompetensi guru
=> Guru lebih kreatif dan terampil mengajar dan mendidik.
Manfaat Bagi Keluarga
1.  Meningkatkan penghargaan terhadap anak
a.  Orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, senang ketika anaknya dapat bersosialisasi dengan baik tanpa ada diskriminasi.
b.  Orang tua yang anaknya tidak memiliki kebutuhan khusus senang ketika anaknya memiliki keterampilan sosial yang baik.
Pembelajaran Dalam kelas Inklusif
a.  Keberagaman peserta didik
     - peserta didik berkemampuan di atas rata-rata
       - peserta didik berkemampuan rata-rat
       - peserta ddik berkemampuan di bawah rata-rata
b.  Peserta didik berkebutuhan khusus
       -  permanen
       -  temporer
 c.  Peserta didik tanpa kebutuhan khusus

Model Layanan di kelas inklusif
1. Inklusi Penuh
    ABK belajar bersama di kelas reguler sehari penuh.
                                         
2. Kelas reguler dengan cluster
    ABK belajar bersama di kelas reguler sehari penuh
    dalam kelompok khusus.
3. Kelas reguler dengan full out
    ABK belajar bersama di kelas reguler tetapi
    dalam  waktu-waktu tertentu belajar di ruang
    sumber bersama guru pembimbing
    khusus.
4. Kelas reguler dengan cluster dan full out
    ABK belajar bersama di kelas reguler dalam kelompok khusus dan dalam waktu-waktu tertentu belajar di ruang sumber bersama guru pembimbing khusus.
5.Kelas khusus dengan pengintegrasian
    ABK belajar di kelas khusus dan pada mata pelajaran tertentu belajar di kelas reguler.
6. Kelas khusus penuh
    ABK belajar di kelas khusus sehari penuh inklusi pada saat bermain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar