LAYANAN
PENDIDIKAN INKLUSIF
Definisi
pendidikan inkusif yaitu :
- Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang memberikan layanan kepada setiap anak, tanpa kecuali.
- Pendidikan yang memberikan layanan terhadap setiap anak tanpa memandang kondisi fissik, mental, intelektual, soisal, emosi, ekonomi, jenis kelamin, suku budaaya, tempat tinggal, bahasa dan sebagainya.
- Semua anak belajar bersama-sama, baik di kelas/sekolah formal maupun non formal yang berada di dekat tempat tinggalnya yang disesuaikan dengan kondisi atau kebutuhan masing-masing anak.
Ciri atau indikator suatu
lembaga pendidikan atau sekolah dikategorikan inklusif
- Memberikan layanan pendidikan kepada setiap anak tanpa kecuali.
- Sarana fisik sekolah memudahkan, aman dan nyaman untuk digunakan oleh setiap anak, termasuk anak berkebutuhan khusus.
- Lingkungan sosial dan sekolah menghargai dan menghormati setiap perbedaan anak.
- Kurikulum yang diguanakan bersifat fleksibel dan dinamis, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak.
- Iklim belajar sesuai dengan prinsip-prinsip CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) yang sesuai kemampuan dan perkembangan anak.
- Proses pembelajaran tidak terkotak-kotak, tetrapi merupakan pembelajaran terpadu dengan memerapkan tim interdisipliner.
- Evaluasi pembelajaran menggunakan portofolio dan atau menggunakan standar acuan norma atau kelompok.
- Adanya keterlibatan dan partisipasi orang tua, masyarakat, LSM yang lebih luas. Hak ini sesuai dengan program manajemen berbasis sekolah (MBS) .
Keuntungan Program Inklusi
Anak dengan
Kebutuhan Khusus
1. Terhindar dari label negatif
=> Anak
memiliki rasa percaya diri
2. Memiliki kesempatan menyesuaikan diri
=> Anak
memiliki kesiapan menghadapi kehidupan nyata
Anak Tanpa
Kebutuhan Khusus
1. Belajar mengenai keterbatasan tertentu
a. Mengetahui keterbatasan/keunikan temannya
b. Peduli terhadap keterbatasan temannya
2. Dapat mengembangkan keterampilan sosial
a. Berempati terhadap permasalah temannya
b. Membantu temannya yang kesulitan
Manfaat
Bagi Guru
1. Meningkatkan wawasan guru mengenai karakter
siswa
=> Guru
mengenali peta kekuatan dan kelemahan siswanya.
2. Menambah kompetensi guru
=> Guru lebih
kreatif dan terampil mengajar dan mendidik.
Manfaat
Bagi Keluarga
1. Meningkatkan penghargaan terhadap anak
a. Orang tua yang memiliki anak berkebutuhan
khusus, senang ketika anaknya dapat bersosialisasi dengan baik tanpa ada
diskriminasi.
b. Orang tua yang anaknya tidak memiliki
kebutuhan khusus senang ketika anaknya memiliki keterampilan sosial yang baik.
Pembelajaran
Dalam kelas Inklusif
a. Keberagaman peserta didik
- peserta didik berkemampuan di atas
rata-rata
- peserta didik berkemampuan rata-rat
- peserta ddik berkemampuan di bawah
rata-rata
b. Peserta didik berkebutuhan khusus
- permanen
-
temporer
c.
Peserta didik tanpa kebutuhan khusus
Model
Layanan di kelas inklusif
1. Inklusi
Penuh
ABK belajar bersama di kelas reguler sehari
penuh.
2. Kelas
reguler dengan cluster
ABK belajar bersama di kelas reguler sehari penuh
dalam kelompok khusus.
3. Kelas
reguler dengan full out
ABK belajar bersama di kelas reguler tetapi
dalam
waktu-waktu tertentu belajar di ruang
sumber bersama guru pembimbing
khusus.
4. Kelas reguler dengan cluster dan full out
ABK belajar bersama di kelas reguler dalam
kelompok khusus dan dalam waktu-waktu tertentu belajar di ruang sumber bersama
guru pembimbing khusus.
5.Kelas
khusus dengan pengintegrasian
ABK belajar di kelas khusus dan pada mata
pelajaran tertentu belajar di kelas reguler.
6. Kelas
khusus penuh
ABK belajar di kelas khusus sehari penuh
inklusi pada saat bermain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar