PENGGUNAAN ISTILAH ANAK BERBAKAT
n Supernormal:
digunakan untuk memberikan sebutan terhadap anak yang tergolong memiliki
kecerdasan tinggi (ditentukan oleh angka IQ 110-200)
n Klasifikasi
bersadarkan rangking/tingkatan IQ:
- superior (110 – 125)
- Gefted (125 – 140)
- Genius
(140 – 200)
IQ menunjukkan
kecerdasan seseorang pada rata-rata tingkat umurnya.
IQ
ukuran adalah jecerdasan seseorang yang diperoleh dengan membagi umur mental
(MA) dengan
umur kronologi (CA) individu.
n Gifted
dan Talented
Ø Anak
yg mempunyai kemampuan tinggi (Gifted)
Ø Anak
yang menunjukkan penonjolan kecakapan khusus yhg bidangnya berbeda-beda antara
anak satu dgn lainnya.
n Gifted:
kemampuan berfikir dengan IQ yg tinggi (140) dan adanya kecakapan khusus yg
menonjol pd satu bidang tertentu, bidang
ini tergantung pd bakat bawaan masing2 anak (intelektual/akademisi).
n Talented:
hanya kemahiran menguasai satu bidang khusus saja (musik, mengarang, drama,
melukis, kepemimpinan, sosial. dll/ non akademik).
Pengertian Bakat dan Anak Berbakat
n Utami
munandar ; memiliki poetensi tertentu
n Anak
berbakat umumnya memiliki IQ di atas rata-rata minimal 130
Renzuli
=> Anak
berbakat merupakan satu interaksi diantara tiga sifat dasar manusia yg menyatu
ikatan terdiri dari kemampuan umum dengan tingkatnya di atas kemampuan rata-
rata, komitmen yg tinggi terhadap tugas-tugas dan kreativitas yg tinggi
n Bakat
(aptitude) :
- Kemampuan bawaan atau khusus (spesifik)
yang dibawa sejak lahir sebagai potensi yg masih
perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud.
- Bakat memerlukan latihan dan pendidikan agar
bakat tersebut dapat dimanifestasikan dimasa
yg akan datang.
n Intelegensi
yaitu suatu kemampuan mental yg dibawa
oleh individu sejak lahir dan dapat digunakan utk menyesuaikan diri di dlm lingkungan
yg baru, serta utk memecahkan problem-problem yg dihadapi dgn cepat dan tepat.
n Hubungan
Intelegensi dengan Bakat :
adalah
positif : apabila seseorang memiliki IQ tinggi dan memiliki bakat dalam bidang
tertentu maka dgn IQ tinggi tersebut ia akan dapat mencapai hasil lebih tinggi
pula secara kuantitas dan kualitas.
Perbedaan
Anak Berbakat, Cerdas dan Pintar
n Berbakat
: memiliki komitmen tinggi pada bidang yang disukainya.
n Cerdas
: memiliki taraf intelegensi yang tinggi.
n Pintar
atau Pandai : raking satu karena rajin belajar.
n Anak
pandai belum tentu berbakat dan belum tentu cerdas.
n Anak
berbakat berarti punya potensi sedangkan pintar bisa didapat dari tekun
mempelajari sesuatu.
Contoh Anak Berbakat
n Edits
Stern (2 thn sudah bisa membaca, 3 thn main catur, 4 thn dpt memecahkan soal
matematika, 12 thn masuk Michigan University, 15 thn menjadi dosen ilmu
kalkulus tingkat tinggi).
n Danny
Jacoby (6 thn masuk kuliah di New York University)
n Mathew
Marcus ( 12 thn mahasiswa penuh di New York University, belajar kalkulus dan
ikut riset kimia).
n King
Ung Yong (4 thn 8 bln menghitung di luar
kepala, mengubah sajak dlm 4 bahasa, menarik akar kuadrat dlm beberapa detik).
Karakteristik dlm bidang akademik
n memiliki
perhatian yg lama terhadap suatu bidang akademik khusus,
n sangat
maju tentang konsep, metode, dan terminologi dari bidang akademik khusus,
n mampu
mengaplikasikan berbagai konsep dari bidang akademik khusus yg dipelajari pd
aktivitas-aktivitas dlm bidang-bidang lain,
n kesediaan
mencurahkan sejumlah besar perhatian dan usaha utk mencapai standar yg tinggi
dalam suatu bidang akademik,
n memiliki
sifat kompetitif yg tinggi dalam suatu bidang akademik khusus dan motivasi yg
tinggi utk berbuat yg terbaik,
n belajar
dgn cepat dlm suatu bidang akademik khusus.
Karakteristik
dlm bidang sosial dan fisik
q fisik
yang menarik dan rapi dalam penampilan,
q diterima
oleh mayoritas dari teman-teman sebaya dan orang dewasa,
q keterlibatan
mereka dalam beberapa kegiatan sosial, memberikan sumbangan positif dan
konstruktif
Utk mengenali karakteristik anak berbakat dpt dilihat
dari :
1. Potensi
Ø memiliki
potensi yang unggul
Ø dpt
disebabkan oleh faktor keturunan
Ø cakap
mengevaluasi keterbatasan dan kelebihan yg dimiliki dirinya dan orang lain.
Sifat ini akan membuat anak berbakat, tampil bijaksana
2. Cara menghadapi masalah
- Mereka mampu melihat hubungan permasalahan itu secara komprehensif dan juga mengaplikasikan konsep-konsep yg kompleks dlm situasi yg kongkrit.
- Mereka akan terpusat pd pencapai tujuan yg ditetapkan.
- Mereka suka bekerja secara independent dan membutuhkan kebebasan dalam bergerak dan bertindak.
- Mereka menyukai cara-cara baru dlm mengerjakan sesuatu dan mempunyai intens utk berkreasi
3. Prestasi
- Fisik : memiliki daya tahan tubuh yang prima serta koordinasi gerak fisik yg harmonis
- psikologis : memiliki kemampuan emosi yg unggul dan secara sosial pd umumnya mereka adlh anak-anak yg populer serta lbh mudah diterima
- Akademik : memiliki
sistem syaraf pusat (otak dan spinal cord) yg prima. Oleh karena itu
mereka dpt mencapai Tk kognitif yg tinggi. meliputi berfikir aplikasi,
analisis, sintesis, evaluasi dan kognitif tk rendah terdiri dari berfikir
mengetahui dan komprehensif.
Dalam usia yg lebih muda dari anak-anak normal, anak-anak berbakat sudah mampu membaca dan kemampuan ini berkembang terus scr konsisten. mampu menggunakan perbendaharaan kata yg sudah maju
Karakteristik negatif anak berbakat :
- Mampu mengaktualisasikan pernyataan secara fisik berdasarkan pemahaman pengetahuan yang sedikit.
- Dapat mendominasi diskusi.
- Tidak sabar untuk segera maju ke tingkat berikutnya.
- Sukaribut.
- Memilih kegiatan membaca dari pada berparfsipasi aktif dalam kegiatan masyarakat, atau kegiatan fisik.
- Suka melawan aturan, petunjuk-petunjuk atau prosedur tertentu.
- Jika memimpin diskusi akan membawa situasi diskusi ke situasi yang harus selalu tuntas.
- Frustasi disebabkan tidak jalannya aktivitas sehari-hari.
9. Menjadi bosan karena banyak hal yang
diulang-ulang.
- Menggunakan humor untuk memanipulasi sesuatu.
11. Melawan
jadwal yang (hanya) didasarkan atas pertimbangan waktu saja bukan atas
pertimbangan tugas.
- Mungkin akan kehilangan interns dengan cepat.
PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK
BERBAKAT
n AKSELERASI
merupakan suatu bentuk peningkatan kecepatan waktu dalam menguasai materi,
dilakukan dalam bentuk kelas khusus, kelompok khusus, atau sekolah khusus.
n ESKALASI
merupakan penanjakan kehidupan mental melalui berbagai program pengayaan
materi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar