Jumat, 01 Januari 2016

ISLAM UNTUK DISIPLIN ILMU PENDIDIKAN





“ISLAM UNTUK DISIPLIN ILMU PENDIDIKAN”

1.      Pengertian Pendidikan Islam
a.       Pengertian Pendidikan Islam Menurut Bahasa
Kata “pendidikan” dalam bahasa arab adalah “ tarbiyah “ dengan kata kerja “rabba” . kata “pengajaran” dalam bahasa arab “ta’lim” dengan kata kerja “alama”. Pendidikan dan pengajaran dalam bahasa arabnya “tarbiya wa ta’lim” sedangkan ”pendidikan islam” dalam bahasa arabnya “tarbiyah islamiyah”.
b.      Pengertian Pendidikan Islam Menurut Para Ahli
Menurut Drs. Ahmad D. Marimba “pendidikan Islam” adalah bimbingan jasmani, rohani berdasarkan hukum-hukum agama islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran islam.
Menurut Musthafa Al-Ghulayaini “pendidikan Islam” adalah menanamkan akhlak yang mulia didalam jiwa anak dalam masa pertumubuhannya dan menyiaminya dengan air petunjuk dan nasihat, sehingga akhlak itu menjadi salah satu kemampuan (meresap dalam) jiwanya kemudian buahnya berwujud keutamaan, kebaikan dan cinta bekerja untuk kemanfaatan tanah air.
Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa pendidikan islam ialah bimbingan yang dilakukan oleh seorang dewasa kepada terdidik dalam masa pertumbuhan agar ia memiliki kepribadian muslim.

2.      Ruang Lingkup Pendidikan Islam
Ilmu pendidikan Islam mempunyai ruang lingkup sangat luas, karena di dalamnya banyak pihak-pihak yang ikut terli bat baik langsung atau tidak langsung. Adapun yang menjadi ruang lingkup pendidikan Islam adalah:
a)      Perbuatan mendidik sendiri
Yaitu seluruh kegiatan yang dilakukan oleh pendidikan sewaku menghadapi atau mengasuh anak didik.
b)      Anak didik
Yaitu obyek terpenting dalam pendidikan Islam
c)      Dasar dan tujuan pendidikan Islam
Yaitu landasan yang menjadi fundamental dan sumber dari segala kegiatan pendidikan islam yang dilakukan.
d)     Pendidik
Yaitu subyek yang melakukan pendidikan Islam
e)      Materi pendidikan Islam
Yaitu bahan-bahan belajar ilmu agama Islam yang disusun sedemikian rupa untuk disajikan kepada anak didik.
f)       Metode pendidikan Islam
Cara yang paling tepat dilakukan oleh pendidik untuk menyampaikan materi pendidikan Islam.
g)      Evaluasi pendidikan
Yaitu memuat cara-cara bagaimana mengadakan evaluasi atau penilaian terhadap hasil belajar anak didik.
h)      Alat-alat pendidikan Islam
Alat-alat yang dapat digunakan selama melaksanakan pendidikan Islam agar tujuan pendidikan Islam tersebut lebih berhasil.
i)        Lingkungan sekitar
Yaitu keadaan-keadan yang ikut berpengaruh dalam pelaksanaan serta hasil pendidikan Islam.

3.      Landasan Pendidikan Islam
Sebagai aktivitas yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pembinaan kepribadian, tentunya pendidikan Islam memwrlukan landasan kerja untuk memberi arah bagi programnya. Sebab dengan adanya dasar juga berfungsi sebagai sumber semua peraturan yang akan diciptakan sebagai pegangan langkah pelaksanaan dan sebagai jalur langkah yang menentukan arah usaha tersebut.
Dasar pelaksanaan pendidikan Islam terutama adalah Al-Quran dan Al-Hadits.
1)      Al-Quran diturunkan kepada umat manusia untuk memberi petunjuk ke arah jalan hidup yang lurus dalam arti memberi bimbingan dan petunjuk ke arah jalan yang di ridhoi Allah swt.
2)      Hadits menerangkan bahwa Nabi adalah benar-benar pemberi petunjuk kepada jalan yang lurus, sehingga beliau memerintahkan kepada umatnya agar saling memberi petunjuk, memberikan bimbingan, penyuluhan, dan pendidikan Islam.

4.      Kelembagaan Pendidikan Islam
Lembaga pendidikan Islam adalah suatu wadah atau tempat berlangsungnya proses pendidikan Islam, lembaga pendidikan itu mengandung konkrit berupa sarana dan prasarana dan juga pengertian yang abstrak dengan adanya norma-norma tertentu, serta penanggungjawab pendidikan itu sendiri.
Dalam Islam, pola tingkah laku yang telah melembagakan pada jiwa setiap individu muslim mempunyai dua bagian, yaitu lembaga yang dapat berubah dan lembaga yang tidak dapat berubah.
Lembaga yang dapat berubah diantaranya: ijtihad, fiqh, akhlak, lembaga ekonomi, lembaga pergaulan sosial, lembaga politik, lembaga seni, lembaga negara, lembaga ilmu pengetahuan, lembaga pendidikan.
Lembaga yang tidak dapat berubah diantaranya: Rukun Iman, syahadatain, tharah, shalat, zakat, puasa, haji, ikhlas dan takwa.

5.      Tujuan Pendidikan Islam
Tujuan pendidikan Islam tidak terlepas dari tujuan hidup manusia dalam Islam, yaitu untuk menciptakan pribadi-pribadi hamba Allah yang selalu bertakwa kepada-Nya, dan dapat mencapai kehidupan yang berbahagia di dunia dan akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar